.:tutup:.
Majalah Peluang Bisnis » Peluang usaha makanan keripik buah

Peluang usaha makanan keripik buah

Posted by | Kirim Komentar

Peluang Usaha Bisnis Keripik

Peluang usaha makanan keripik buah,  Hasil panen buah-buahan di Indonesia yang melimpah ruah seringkali terabaikan oleh orang-orang Indonesia sendiri. Seringkali terjadi buah-buahan tersebut terbuang percuma, karena saking banyaknya hasil panen buah-buahan yang tidak tertampung pasar. Ditambah lagi harga buah-buahan yang terlalu murah berdampak pada tidak bersemangatnya para petani buah untuk berproduksi. Padahal jika kita cermati, buah-buahan tersebut diolah maka akan menghasilkan nilai tambah dan membuka lapangan usaha baru.

Keripik buah merupakan salah satu alternatif peluang usaha yang dapat dipertimbankan, bagi anda yang masih mencari bisnis apa yang akan di jalankan. Pertimbangkan bisnis ini ketika bahan baku buah-buahan melimpah di daerah tempat tinggal anda. Pilihan bisnis ini dapat meningkatkan nilai jual yang lebih tinggi ketika bahan baku buah-buahan di olah dengan baik. Keripik buah adalah salah satu contoh peluang usaha pengolahan buah-buahan yang memiliki nilai jual tinggi.Beberapa jenis buah yang dapat diolah menjadi keripik buah dan cukup diterima pasar adalah: Pisang, Melon, Wortel, Mangga, Nanas, Belimbing, Apel, Nangka, Labu dan Salak.

 

Hasil buah-buahan yang dihasilkan di berbagai daerah di Indonesia yang bervariasi, membuka peluang usaha makanan ringan keripik buah terbuka lebar,dengan mengolah bahan baku buah-buahan menjadi produk jadi keripik, tentunya membuka peluang memperoleh laba lebih tinggi dibandingkan menjual langsung berupa buah-buahan di pasar.Selain menggarap pasar lokal peluang usaha makanan keripik buah ini juga bisa di ekspor ke mancanegara.

Modal utama dalam memulai usaha makanan ringan keripik buah ini adalah: mesin vacuum frying selain dapat digunakan untuk memproduksu keripik buah, mesin ini juga dapat di gunakan untuk memproduksi keripik sayuran.Beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika anda memutuskan untuk memulai usaha kripik buah antara lain :

1. Bahan Baku (Buah danSayur):  Bahan baku buah dan sayur yang dapat digunakan untuk diproses menjadi keripik: durian, pepaya, melon, mangga, nangka, nanas, terong, apel, labu(waluh), salak, Kentang dan kacang panjang.

2. Bahan Pengolahan: Siapkan LPG dan minyak goreng bermutu tinggi, supaya keripik yang digoreng saat produksi memiliki warna yang cerah dan tidak mudah gosong.

3. Tempat Lahan Produksi: Tempat lahan produksi yang dibutuhkan minimal ruangan berukuran 2.5m x 2.5m jika anda memiliki ruangan yang lebih luas akan lebih baik.

4. Mesin pembuat keripik: Mesin vacuum frying (mesin penggoreng hampa) adalah mesin pembuat keripik buah dan sayur. Karena kandungan guka di dalam buah-buahan cukuo tinggi, fungsi mesin ini khusus untuk menangani proses penggorengan buah yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan penggorengan biasa.

Proses produksi kripik Buah dan Sayur:

1. Perhatikan baik-baik saat memotong buah-buahan sesuai ukuran yang diinginkan untuk dijadikan keripik, jangan terlalu tipis juga jangan terlalu tebal.

2. Tanpa menggunakan bahan-bahan aditif seperti: penguat rasa, pewarna dan pemanis, setelah dipotong-potong dan dicuci buah-buahan tersebut dimasukan ke dalam vacuum frying (mesin penggoreng hampa), hingga menjadi keripik dengan aroma, rasa dan kandungan nutrisi yang sama dengan buah-buahan segar sebelumnya.

3. Lakukan penyortiran kualitas terbaik dan kualitas sedang agar keripik hasil proses tadi dapat dijual dengan margin maksimal.

Kemasan dan Pemasaran

1. Desainlah sebuah label dengan menggunakan jasa profesional agar produk keripik yang anda jual manarik perhatian konsumen untuk membelinya.

2. Gunakan teknik membuka 1000 toko, seperti yang dibahas pada artikel majalah Peluang Bisnis sebelumnya.

3. Cantumkan alamat dan telepon yang bisa dihubungi, siapa tau ada konsumen yang tertarik untuk menjadi distributor produk anda.

4. Cantumkan masa kadaluarsa produk keripik di setiap kemasannya untuk mengontrol apakah produk anda masih layak untuk dikonsumsi.

5. Daftarkan produk anda ke Dinas kesehatan terdekat untuk memperoleh N0mer DinKes.

6. Daftarkan produk anda ke MUI terdekat untuk memperoleh label halal.

7. Jika anda ingin menjaga hak pemegang merek, ada baiknya mendaftarkan merek produk anda ke dephumkam.

Affiliasi dan Merek Sendiri

Jika anda merasa terlalu rumit dengan membangun bisnis keripik buah ini dari awal hingga proudksi, ada cara lain untuk memulai bisnis ini tanpa anda direpotkan masalah produksi. Sebuah produsen keripik buah-buahan di Bogor yang bergerak di bidang industri pengolahan makanan, seringkali melayani permintaan pengolahan berbagai jenis produk makanan, yang kemudian dijual dengan menggunakan merek si pemesan. Cara bisnis ini dikenal dengan bisnis self brand / house brand (merek sendiri). Jika anda berbelanja di toko swalayan terdekat seringkali toko tersebut memiliki produk yang sama dengan merek tokonya. Cara lain adalah dengan cara affiliasi dari produk-produk yang telah di olah sebuah produsen dengan merek tertentu, saat anda berhasil menjual produk, anda langsung menikmati labanya, tanpa harus direpotkan memproduksi. Selamat Berbisnis….!!! (redaksi@MajalahPeluangBisnis.com)

  • Twitter
  • del.icio.us
  • Digg
  • Facebook
  • Technorati
  • Reddit
  • Yahoo Buzz
  • StumbleUpon

Tulis Komentar

Update Peluang

Daftarkan email Anda untuk menerima peluang terbaru..